Jenis-Jenis Tower BTS

Jenis tower BTS


PENGERTIAN TOWER BTS

Tower BTS merupakan singkatan dari Base Transceiver Station atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan stasiun pemancar. BTS kadang juga disebut sebagai Base Station (BS) dan Radio Base Station (RBS). 

Banyak orang yang sering salah kaprah dalam mengartikan BTS, umumnya mereka menganggap tower BTS adalah BTS itu sendiri, Tower BTS merupakan salah satu komponen dari perangkat BTS, Tower sendiri adalah suatu menara yang dibuat dari besi behl, besi siku atau pipa. Dalam pembuatan tower BTS bentuknya bisa bervariasi, ada yang kaki segi empat, kaki segitiga, bahkan ada yang hanya berupa pipa panjang saja.


Pada umumnya tower BTS dibangun dengan ketinggian antara 40 hingga 75 meter. Tentunya tinggi tower BTS di tiap daerah tidaklah sama,  disesuaikan dengan kondisi geografis serta luas jangkauan jaringan yang ditargetkan.


JENIS-JENIS TOWER BTS

Terdapat 3 (tiga) jenis tower BTS berdasarkan bentuknya yang sering kita jumpai, diantaranya :

  • Tower 4 (empat) kaki
  • Tower 3 (tiga) kaki
  • Tower 1 (satu) kaki

Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai ketiga jenis tower BTS :


Tower Fourangle / Empat Kaki
Tower jenis ini menjadi salah satu Tower yang sering dijumpai di Indonesia. Berbentuk segiempat dan memiliki 4 kaki sehingga memiliki konstruksi yang kokoh, Tower jenis ini diharapkan memiliki kekuatan yang optimal untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerobohan. Umumnya terbuat dari besi behl atau besi siku dilapisi galvanis (Hot Dip Galvanize). Tingginya kurang lebih 42 meter serta mampu menampung banyak antena dan radio. Tipe tower ini biasanya digunakan oleh perusahaan telekomunikasi terkemuka.

Tower Triangle / Tiga Kaki
Tower ini berbentuk menara segitiga dengan 3 kaki (pondasi). Pada setiap pondasi dari Tower 3 kaki ini disusun dari beberapa potongan dengan diameter 4-5 meter, dan menggunakan besi dengan diameter di atas 2 cm. Tinggi BTS jenis Tower 3 kaki ini berkisar antara 40 sampai 60 meter, makin pendek tower tingkat keamanannya lebih tinggi. Kelebihan Tower BTS Triangle adalah karena komponennya ringan sehingga dapat menghemat biaya produksi dan pengangkutan.

Singlepole / Satu Kaki
Jenis Tower ini tidak direkomendasikan karena memiliki banyak kekurangan. Kekurangannya adalah penerimaan sinyal tidak begitu stabil, mudah goyang, dan dapat mengganggu sistem koneksi data sehingga berakibat pencarian di komputer terjadi secara terus menerus. Tower ini ada 2 macam, yang pertama dibuat dengan pipa/plat baja tanpa spanner dengan diameter 40 cm hingga 50 cm dan rata-rata tingginya 42 meter. Kedua, tower yang dibuat dengan spanner yang menurut ahli pembuatannya tidak melebihi 20 meter. Kelebihannya hemat lahan dan bisa diletakkan diatas gedung untuk ukuran pipa yang kecil.

Berikut ini dokumentasi pemasangan beberapa tower BTS Triangle :



Tower BTS ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan tower internet, tower radio, tower pemancaran sinyal, radio link wireless, BTS internet komunikasi, tower microcell, dan biasa diaplikasikan untuk area perkebunan, area tambang dan lain sebagainya.




Jam Operasional :   Senin s/d Sabtu Pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB.

Pages

Konsultasi Gratis