Pengertian Dan Fungsi Tower Monopole

Pengertian Dan Fungsi Tower Monopole


Monopole adalah jenis tower yang membentuk garis lurus ke atas terbuat dari besi pipa beberapa batang yang tersambung menjadi tiang tunggal dan memiliki satu kaki saja, tiang ini memiliki ketinggian maksimal 30 meter dan penempatannya langsung diatas tanah, ada beberapa ketinggian yang bisa diaplikasikan diatas bangunan, tidak lebih dari 10 meter dengan dibantu dengan seling sebagai penguatnya (Lihat pada gambar dibawah).


Sesuai dengan namanya, tower monopole hanya terdiri dari satu batang atau satu tiang saja. Pemasangan tower monopole dilakukan dengan menancapkan tiang tersebut langsung pada tanah, dan dilihat dari penampangnya tower monopole ini terbagi menjadi 2 jens :

  • Cilcular-pole adalah jenis monopole ini memiliki diameter penampang/panel yang seragam dari bawah sampai atas.
  • Tapered-pole adalah jenis monopole ini memiliki ukuran diameter penampang yang bervariasi yaitu diameter yang digunakan semakin keatas akan semakin kecil.

Karena pemasangannya yang relatif sederhana, tower monopole cenderung lebih rendah dibandingkan jenis tower lainnya. Selain itu, tower jenis ini tidak dapat difungsikan untuk menahan beban yang berat atau dimensi yang besar.


Fungsi tower telekomunikasi adalah untuk menempatkan antena pemancar sinyal ( jaringan akses) untuk memberikan layanan kepada pelanggan di sekitar tower tersebut. Selain itu, penggunaan tower telekomunikasi juga berfungsi untuk menempatkan antenna pemancar sinyal transmisi ( jaringan transport dengan menggunakan teknologi microwave) untuk menghubungkan pelanggan di daerah tersebut dengan sentral ( BSC) . Jadi bagian yang terpenting mengapa diperlukan pembangunan tower adalah untuk penempatan antenna-antenna tersebut, dimana dibutuhkan ketinggian tertentu untuk dipenuhinya syarat memancarkan dan menerima sinyal.









Bagi anda yang ingin konsultasi atau melakukan pemesanan serta pemasangan tower monopole silahkan kontak kami melalui nomor WhatApps yang ada pada tombol dibawah ini

Jam Operasional :   Senin s/d Sabtu Pukul 08.00 WIB - 16.30 WIB.

Pages

Konsultasi Gratis