Tower Triangle Atau Fourangle ?

Perbandingan TOWER TRIANGLE Dan TOWER FOURANGLE / KOTAK


Semakin berkembangnya teknologi komunikasi saat ini membuat kita semua melangkah ke peradaban baru yaitu Era digital yang sangat modern. Dengan berkembangnya era digital ini tentu tidak lepas dari kemajuan teknologi internet. Dan untuk memperluas jaringan layanan internet dibutuhkan sarana penunjang yaitu adanya tower telekomunikasi untuk penempatan radio yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

Berbiacara mengenai tower tentunya kita tidak asing lagi dengan istilah tower triangle dan tower fourangle. Lantas apa perbedaan antara tower triangle dengan tower fourangle tersebut ? Berikut penjelasan mengenai kedua tower tersebut :

TOWER TRIANGLE
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Tower triangle adalah merupakan menara berbentuk segitiga yang terbuat dari rangkaian besi behl atau pipa yang saling menguatkan antara sisi satu dengan sisi yang lain dengan menggunakan metode pengelasan pada setiap sambungannya. Tower ini menggunakan kawat sling baja tahan karat pada 3 (tiga) sisi tower sebagai penyangga kekuatan pada tower. Karena pada prinsipnya tower triangle ini 75% kekuatannya terletak pada tarikan pemancangnya.

Jarak tarikan pemancang dari pondasi pusat tower triangle berdiri adalah 1/3 dari total ketinggian tower, jika tower triangle mempunyai ketinggian 15 meter maka jarak tarikan pemancangnya adalah 5 meter, dengan jarak tarikan seling tersebut tower ini mampu dibebani antenna radio sampai dengan -/+40 Kg.

TOWER FOURANGLE
Sedangkan tower fourangle atau biasa disebut tower kotak adalah menara segiempat sama sisi yang bahan baku dan sistem pendirian sama seperti tower triangle, secara garis besar jarak pemancang dan dimensi tower hampir sama dengan triangle, hanya saja untuk tower fourangle ini menggunakan 4 sisi tarikan pemancang, karena menggunakan 4 sisi tarikan pemancang tersebut membuat tower fourangle ini lebih kokoh dan lebih stabil jika dibebani antena radio diatasnya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOWER TRIANGLE
Kelebihan tower triangle dari tower segiempat adalah biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah, karena berbentuk segitiga bobot tower jadi lebih ringan dengan tidak mengabaikan faktor kekuatan dan keamanan tower itu sendiri.

Radio Tower Triangle

Kekurangan dari tower triangle adalah penggunaan lahan yang relatif lebih luas untuk mendirikan tower ini. Karena berbentuk segitiga maka hanya dilengkapi 3 sisi anak tangga, yang menyebabkan personel kurang leluasa untuk melakukan perawatan. Tidak bisa dipasang radio terlalu banyak.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOWER FOURANGLE
Kelebihan tower fourangle dibanding tower triangle adalah bisa dibangun lebih tinggi karena menggunakan 4 sisi tarikan pemancang dan lebih kokoh atau lebih kuat menahan beban antenna diatasnya, karena lebih kokoh maka antena yang dipasang pada tower fourangle jadi lebih banyak daripada menggunakan tower triangle. Dari segi perawatan juga lebih mudah karena dilengkapi dengan 4 sisi anak tangga yang memudahkan personel untuk naik melakukan maintenance tower maupun pemasangan radio.


Radio Tower Fourangle

Kekurangan tower fourangle adalah biaya yang dikeluarkan lebih mahal jika dibandingkan menggunakan tower triangle.

Dari perbandingan kedua tower tersebut diatas tentunya ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tower. Konsultasikan dengan team kami untuk keperluan tower anda melalui chat WhatsApp pada tombol dibawah ini..

Bagi anda yang ingin konsultasi atau melakukan pemesanan tower triangle / fourangle, silahkan kontak kami melalui nomor WhatApps yang ada pada tombol dibawah ini



KANTOR PUSAT WORKSHOP
Jl. Pangeran Jayakarta No. 65, RT. 005/001 Kel. Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi Jl. Pangeran Jayakarta No. 99, RT. 004/001 Kel. Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi

Jam Operasional :   Senin s/d Sabtu Pukul 08.00 WIB - 16.30 WIB.

Pages

Konsultasi Gratis